Kemaren malem ngobrol sama temen, copy writer, di resto kecil di Cikini situ.
Sebentar tapi meaningful.
Cerita tentang kerjaan dia di tempat baru (males gak sih ngebahas kerjaan after office hour, emang cuma kerjaan doang yang mempersatukan kita, heh Lin??), tempat gaul abg (lagi-lagi ngomongin ini buat kerjaan juga), private lifes of Indonesia's stars yang lagi happening (jadi free lancer sama dengan bebas nonton acara TV fav, katanya, jadi bisa update trus ama berita beginian.... *eh, penting yaaa buat topik pembicaraan??*), sampe akhirnya dibikin bego sama bahasan tentang advertising spot.
Gara-garanya pas nonton TV yang ada persis arah jam 10 dari kita tiba-tiba dia nyeletuk: sepanjang kita ngobrol sambil bentar-bentar ngeliat TV gini... kok kita gak ngomentarin iklan yaaa?
Pertanyaan simple dari seorang yang juga kerja di advertising itu sedikit bikin gw mikir.
Saat itu gw cuma jawab mungkin dari tadi iklannya kebanyakan yang linear, jadi lewat aja saking seolah-olah dah sering liat atau malah justru pas iklan tayang, kita memalingkan muka kita dari TV tadi.... dan dia ragu-ragu mengiyakan.
Mungkin gak ada yang entertainy kaliii...
Mungkin bosen...
Mungkin basi...
Mungkin yang namanya break ya udah break, break dari aktivitas nonton TV, ngambil minum aja duluuu... ke kamar mandi aja duluuuu.. ngetik sms aja duluuuu... ( hihihi, kalo ini mah gw pisan!)
Mungkin kita nya yang gak nganggep iklan itu tontonan.
Boro-boro dibilang menarik, ditonton aja nggak!
Gw penasaran.
Mungkin cuma kita berdua aja yang bertanya-tanya tentang ini.
Belum tentu orang meja sebelah mikirin.
People talk about everything, the latest football game, business, politics, religion, everything but advertising spot.
Kenapa?
Temen gw bilang : because advertising people are the worst storytellers of all storytellers.
Bahkan seorang jurnalist aja punya better sense of impact and entertainment than we have.
Buktinya orang tetep 'manteng' di depan acara news yang isinya padahal tentang perang.
Contentnya sih mungkin shocking tapi acara itu tetep big show.
Hmmm, mungkin pertanyaan temen gw itu gak akan keluar kalo aja yang ada di TV tadi adalah filmnya James Bond. It is a 120 mins commercial featuring brand BMW, Omega and etc.
Apa ini berarti brand/product manager mesti ngasih uangnya ke sebuah movie production untuk produce a great story around their brand hingga lebih bisa menghibur orang banyak??
Masih belum bisa emangnya ya sebuah 60 atau 30 detik durasi diisi sama great show?
Duh, banyak faktor penentu bisa nggak nya kali yaaaa...?
Tapi ya lagi-lagi malam itu kita cuma bisa jadiin ini wacana aja diselingi kemungkinan kemungkinan dan barangkali barangkali.
Dah aaaah, lain kali kalo ngabuburit jangan sambil nonton TV.
Bawaannya nanyaaaa mulu'!