Saturday, November 25, 2006

strange conversation

Udah 3 hari ini chatting intensif dengan seorang teman baru dari India, seorang IT person, umurnya masiy 28 tahunan, dia memperkenalkan dirinya sebagai seorang New Ager.
New Ager?
Iya. Dia seorang yang tertarik dengan spiritualisme lintas agama dan menganut pola hidup spiritual.
Menurutnya spiritualisme adalah the heart of religion dan agama itu tidak sectarian tetapi universal.
Dia bicara tentang Timur dan agama barunya.
Tentang sekumpulan anak muda yang bernyanyi Hare Khrisna di pinggir jalan, anak-anak muda dengan jins belel melakukan meditasi dan The Beatles yang duduk ngedengerin wejangan Mahrishi Mahesh Yogi pada jamannya.
Dia bilang bahwa Kamasutra itu ajaran New Age, diperkenalkan seorang bernama Osho yang punya nama asli Sri Rajneesh Chandra Mohan, dia juga yang pertama kali di tahun 80-an mengumumkan tntang AIDS dan menganjurkan semua orang yang mau hadir di setiap pertemuannya untuk menunjukan sertifikat bebas AIDS.
Oalaaah, he talked so much ke seseorang yang baru dia kenal.
Konteksnya berat pula.
Menurutnya bahasan yang dipeluk seorang New Ager meliputi banyak hal, tentang potensi manusia, falsafah diri, mistisisme, channeling, konseling psikis dan psikologis, astrologi, ilmu tentang aura, yoga, tai chi, meditasi, hingga menjadi seorang vegetarian.
Ide adanya New Age ini sama dengan aliran-aliran baru lainnya seperti Kaballah, Trancedental Meditation (TM) di tahun 60-an, Hare Khrisna yaitu ingin mengakhiri masalah perbedaan ras dan kemiskinan.
Mereka sama-sama membenci perang dan peduli alam, hmmm.. which is di semua agama juga begitu menurut gue.
Transformasi sosial yang katanya sangat dibutuhkan harus dimulai dari transformasi individual, karena bukan cuma alam yang berevolusi tapi juga manusia, secara diri dan ego.
Setelah dia bicara luas tentang status New Age nya itu, dia bertanya ke gue.
Kamu tertarik gak jadi seorang New Ager?
Gue jawab, gue yakin gue adalah seorang New Ager sejak dia bilang Kamasutra itu adalah ajaran New Age.
Dan dia bilang : you really have a greaaaaaaat sense of humour..
Dan dia mendadak diskonek.
Dan sampai sekarang.